Perlu Tekad Besar Hidup tanpa Merokok

Ia akhirnya dapat benar-benar berhenti merokok karena terkesan dengan pesan dokter, bahwa siapapun pada dasarnya tidak hanya dapat berhenti merokok tetapi bahkan dapat berhenti dari keinginan untuk merokok.

Dunia tanpa tembakau, tanpa rokok, tanpa perokok? Tampaknya hal itu mustahil akan terwujud dalam waktu dekat. Mungkin masih perlu waktu sangat panjang. Seabad, dua abad lagi? Entahlah. Akan tetapi manusia wajib berusaha, agar diri dan generasi penerus atau keturunannya tidak menjadi budak tembakau atau rokok. Seruan perlunya tidak merokok agar badan sehat pun mengandung silang pendapat berkepanjangan. Ada yang pro, ada yang kontra, masing-masing bertahan dengan pendirian atau alasannya yang dianggap rasional.

Akan tetapi satu hal telah pasti, dibanyak tempat di dunia ini semakin steril dari kegiatan merokok. Kalau dulu naik pesawat disediakan pemisahan tempat duduk untuk perokok dan non perokok, maka peneydiaan tempat duduk bagi perokok itu sudah semakin berkurang. Di bandara-bandara internasional juga semakin bayak terpampang larangan untuk merokok. Demikian pula di lingkungan perkantoran yang banyak dihadiri banyak orang.

Di Indonesia sendiri ajakan atau kampanye untuk tidak meokok di sembarang tempat juga semakin bergaung. Terakhir muncul kebijakan bahwa pemerintah akan menaikkan harga jual eceran (HJE) rokok anatara 15-20 persen mulai 1 Juli 2005. Tujuannya di satu pihak untuk menambah pendapatan negara dari cukai, dan lain pihak juga untuk mengurangi jumlah konsumen rokok di Indonesia. Tujuan terakhir itu sejalan dengan tuntutan Frameworrk Convention on Tobacco Control (FCTC) dalam rangka menekan jumlah komsumsi rokok dunia.

FCTC merupakan suatu konvensi untuk mengendalikan rokok dan tembakau yang disepakati secara aklamasi dalam Sidang Kesehatan Dunia pada Mei 2003 lalu. FCTC dan protokol-protokolnya bertujuan melindungi generasi sekarang dan mendatang dari gangguan kesehatan, konsekuensi sosial, lingkungan, dan ekonomi akibat konsumsi tembakau dan paparan asapnya. FCTC menyediakan kerangka upaya pengendalian tembakau untuk dilaksanakan semua pihak di tingkat nasional, regional, dan internasional dalam mengurangi konsumsi tembakau……#OP310505B#

Widodo Asmowiyoto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s