Desain Arsitektur Bangunan Tahan Gempa

Tujuan perancangan bangunan tahan gempa adalah merancang bangunan yang mempunyai daya tahan terhadap gempa bumi dalam arti bila terkena gempa bumi tidak akan mengalami kehancuran struktural yang dapat meruntuhkan bangunan.

Secara umum hal-hal pokok yang perlu diperhatikan dalam perancangan bangunan menyangkut :

  1. Massa Bangunan,
    • Diusahakan seringan mungkin
    • Dihindari massa-massa yang berat di dalam bangunan terutama pada bagian atas. Jika ada benda-benda berat sebaiknya ditempatkan di bagian serendah mungkin pada bangunan.
  2. Kekakuan,
    • Bangunan diberikan kekakuan secukupnya sehingga gaya inersia yang tejadi tidak besar dan lendutan/simpangan antar tingkat masih terletak dalam batas-batas yang diijinkan.
  3. Redaman,
    • Sifatnya melawan gaya inersia yang besar kecilnya tergantung dari bahan yang digunakan, bentuk struktur, sifat tanah, dan sifat getaran yang dialami.
    • Dapat diusahakan peredam mekanis, berupa peredam secara ekstrusi dari logam yang cukup lunak atau sejenis karet yang dipasang sebagai landasan bangunan,kolom dan balok. Sampai saat ini muncul berbagai teknologi atau cara baru untuk melakukan peredaman ini.
  4. Kekuatan,
    • Struktur diberi kekuatan secukupnya sehingga akibat gempa sedang, struktur tersebut tetap elastis tanpa mengalami kerusakan struktural tetapi hanya kerusakan elemen non struktural dapat diterima.
    • Akibat gempa kuat, struktur tersebut walaupun mengalami kerusakan tetapi harus tetap bertahan tidak mengalami keruntuhan.
  5. Duktilitas,
    • Kolom-kolom harus lebih kaku dan kuat daripada balok sehingga sendi plastis akan selalu terjadi pada balok (kehancuran terjadi pada balok lebih dahulu).
  6. Keliatan,
    • Sangat dipengaruhi oleh bahan dan jenis struktur bangunan. Untuk bangunan tinggi bahan paling cocok adalah baja dan beton bertulang cor setempat. Beton pra cetak penuh tidak sesuai untuk bangunan tinggi karena bobotnya dan kurang liat.
  7. Kompatibilitas,
    • Sebaiknya pada bagian-bagian banagunan yang berbeda dalam kekakuan dan massanya dipisahkan satu terhadap yang lainnya, karena pada perbatasannya akan sulit mengusahakan kompatibilitas deformasi ( untuk menghindari tubrukan antar massa atau bagian bangunan yang satu dengan yang lain saat digoyang gempa).
  8. Geometri,
    • Bentuk bangunan sebaiknya sederhana dan simetris.
    • Bangunan sebaiknya simetri dalam kekakuan dan pembagian massanya.
  9. Kontinuitas.
    • Sebaiknya diberikan kontinuitas dalam massa dan kekakuan, tonjolan-tonjolan dan lekukan-lekukan dihindari.

Rumusan ringkas :

–         unsur pemikul beban (kolom dan dinding geser/dinding yang berfungsi sebagai alat topang                atau struktur bangunan) diletakkan tersebar merata.

–         Semua kolom dan dinding menerus dan sentris dari atap sampai pondasi.

–         Kolom dan balok sebidang.

–         Dihindari adanya balok yang lebih besar dari kolom.

–         Semua unsur bangunan terutama strukturalnya harus saling terikat dengan baik (monolit).

–         Unsur-unsur pokok tidak berubah secara mendadak ukuran penampangnya……#BC008688#

Isbu Iman M ST. Dosen Fakultas Teknik Winaya Mukti Jatinangor kab.Sumedang, Seminar Antisipasi Gempa pada Perancangan Bangunan.

4 pemikiran pada “Desain Arsitektur Bangunan Tahan Gempa

  1. Saya sebagai seorang yang hidup di Dunia,saya tidak mau melihat bencana yang banyak merugikan masyarakat.Walaupun saya orng miskin,saya tetap ingin melihat orng lain bahagia,khususnya melihat”Dunia yang BERSERI”

  2. makasih keterangan nya,.
    pak.Di indonesia, wilayah kita adalah rentan gempa..
    Jadi kalau ada / bisa di sertai contoh gambar rumah atau bangunannya serta struktur pondasi, balok2 beton dan kolomnya..
    agar menjadi tambahan Ilmu dan pengetahuan bagi yang membuka blok ini…….
    terima kasih……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s